Binkam

Hikmah Bulan Ramadhan Pengabdian Tulus, Aipda Sarjan Jadi Guru Ngaji dan Pengurus Masjid

8
×

Hikmah Bulan Ramadhan Pengabdian Tulus, Aipda Sarjan Jadi Guru Ngaji dan Pengurus Masjid

Share this article

Bima, NTB (17/3) – Menjadi personil Polri adalah salah satu cita-citanya, Aipda Sarjan merupakan anggota Polri yang berdinas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Woha Polres Bima Polda NTB.

Sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima , Aipda Sarjan juga selalu menyempatkan waktu untuk mengajar ngaji terhadap anak-anak di binaannya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Aipda Sarjan Seminggu tiga kali di Masjid Bolly Mubarak Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Tapi berbeda di bulan suci Ramadhan ini Ia mengajar ngaji bagi muridnya setiap hari ba,da sholat Ashar dan di lanjutkan dengan tadarusan ba,da Sholat Tarawih.

Seperti yang dilakukannya pada Jum,at 15/03/04 Ba,da Sholat Ashar dirinya mengajar ngaji sejumlah anak-anak didiknya.

Hal ini dilakukan oleh “Pak Bhabin ”, biasa masyarakat menyapanya. Yaitu mengajar mengaji dengan tujuan untuk membantu masyarakat setempat yang mempunyai anak namun keterbatasan tempat dan menghindari anak anak bermain yang tidak bermanfaat di Bulan Suci Ramadhan.

“Ini saya lakukan untuk mengenalkan agama sejak dini kepada mereka sehingga ketika mereka besar nanti sudah memiliki ilmu agama/ bisa membaca Alquran” Ujarnya.

Selain tugas yang dilakukan sehari-hari sebagai Bhabinkamtibmas yaitu menyambangi warga, juga turut serta dalam kegiatan keagamaan, gotong royong dan kegiatan kemasyarakatan lainnya Aipda Sarjan Juga merupakan salah satu pengurus Masjid Bolly Mubarak.

Mengajar ngaji yang rutin dilakukan disela kesibukannya sebagai Bhabinkamtibmas adalah merupakan wujud kepedulian terhadap anak-anak di lingkungan tempatnya bertugas.

“Apa yang saya lakukan ini semoga dapat bermanfaat dan bisa sedikit membantu anak-anak menjadi lebih mengerti dalam membaca Alquran, juga menjadikan anak-anak Soleh dan solehah,” ungkapnya.”

Terpisah Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo SIK., MIK., melalui kasi humas Iptu Adib Widayaka mengapresiasi yang dilakukan oleh Personelnya tersebut.

Sebagaimana diulas Kasi Humas Kapolres juga mengatakan kegiatan tersebut sangat positif terlebih saat Bulan Suci Ramadhan dan menjadi contoh bagi kita semua

“Kehadiran Polri ditengah masyarakat tidak saja mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan penegakan hukum akan tetapi juga dalam hal keagamaan polri harus hadir”. Kata Kapolres mengutip Adib.

Sebagai informasi Aipda Sarjan SH selain menjadi guru ngaji juga meraih sederet prestasi, pada tahun 2017 meraih juara 1 Tingkat Polda NTB, Pada tahun 2023 meraih Juara 3 tingkat Mabes Polri, selain itu Ia juga sering menjadi juara di ajang MTQ Tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Murid ngaji Aipda Sarjan tidak saja berasal dari desa Binaannya namun ada juga dari beberapa Desa yang ada di kecamatan Belo dan Kecamatan Monta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *