Binkam

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Rinjani 2023

57
×

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Rinjani 2023

Share this article

Kota Bima, NTB (07/2) – Dalam rangka Cipta Kondisi (Cipkon) Kamseltibcar Lantas, menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah hukum Polres Bima Kota, dilaksanakan Operasi Keselamatan Rinjani 2023.

Ops Keselamatan Rinjani 2023 teresebut, dilaksanakan apel gelar pasukan pada Selasa (7/2) pagi ini yang berlangsung di Lapangan Presisi Lawata Mako Polres Bima Kota.

Apel gelar pasukan itu, diikuti personil gabungan yang terdiri dari personil Makodim 1608/Bima, Sat Brimob Bataliyon C Pelopor Bima, seluruh Satuan di Polres Bima Kota serta instansi terkait lainnya.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, dihadiri sejumlah pejabat Makodim 1608/Bima, Danyon C Pelopor Satbrimobda Polda NTB, Waka Polres Bima Kota dan seluruh PJU Polres Bima serta pejabat dari instansi terkait lainnya.

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi dalam amanatnya menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. adapun munculnya permasalahan lalu lintas ini kerap dipicu oleh beberapa faktor.

Faktor itu, sebut Kapolres meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, meningkatnya populasi
masyarakat serta meningkatnya pola aktifitas masyarakat NTB, khususnya pasca dibukanya kembali di NTB sebagai destinasi wisata domestik maupun internasional.

Tentunya kata AKBP Rohadi dalam sambutannya, turut
berimplikasi terhadap munculnya permasalahan di bidang lalu lintas, meliputi meningkatnya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, sehubungan dengan hal tersebut.

Maka perlu adanya upaya-upaya penanganan secara profesional dan komprehensif, guna terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan lancar.

“Kita menyadari bahwa permasalahan di bidang lalu lintas tidak dapat diselesaikan hanya oleh kerja keras dari personel polri saja, namun perlu adanya peran serta yang sinergis antara polri, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait, sehingga diharapkan dapat tercapainya koordinasi yang solid guna terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,”katanya.

Dalam operasi kali ini dapat saya sampaikan pada pelaksanaan operasi keselamatan rinjani 2022 sebanyak 8.422 pelanggaran dengan tilang sebanyak 2.929 dan teguran 5.493 serta angka kecelakaan lalu lintas saat operasi keselamatan rinjani 2022 sebanyak 40 kejadian dengan korban meninggal dunia 10 orang, korban luka 58 orang.

Dari hasil evaluasi tersebut sambungnya, dominasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi adalah, penggunaan helm sni, safety belt dan pelanggaran terhadap rambu/marka jalan serta faktor human error.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka
mendukung tercapainya kamseltibcarlantas yang aman dan lancar, Polda NTB beserta segenap stakeholder terkait akan menggelar operasi kepolisian kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi “Keselamatan Rinjani 2023”.

Operasi ini dilaksanakan berlangsung selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 20 februari 2023. pelaksanaan ops keselamatan rinjani 2023 ini merupakan salah satu upaya polri dalam rangka meningkatkan keselamatan masyarakat, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan serta ops keselamatan Rinjani 2023 ini akan mengusung tema “meningkatnya disiplin
masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas.

“Melalui tema ini saya berharap polda ntb dapat berkontribusi maksimal dalam meningkatkan keselamatan masyarakat, khususnya kaum generasi milenial, sehingga mereka dapat lebih disiplin dan patuh akan hukum yang berlaku dan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas guna menyelamatkan generasi penerus bangsa di masa mendatang,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *